Chat With Us
Call / SMS / WhatsApp 0813-1630-2692
Testimonials

Darsono

9Power memang luar biasa, kalo gk percaya bisa datang ke tempat saya, saya bisa buktikan dan bengkel saya sebagai taruhannya.
Darsono, Bengkel Makmur Jl. Permata, Cililitan
HP. 081226363304

Darsono
Cililitan

Adi

Pake 9Power sama sekali gk mengecewakan, saya pake 2pcs 9power dimotor Yamaha Vixion saya, gimana dengan anda ?

Adi
Pondok Gede

Visitor widget
Advertise

Tips perawatan motor

Jika motor dirawat dan dilakukan pemeriksaan secara berkala, maka motor lamapun bisa tetap seperti baru, ada beberapa tips untuk merawat motor kita agar tetap baik.

Ganti Oli secara rutin

Oli mesin punya peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin, seperti seher, ring seher dan stang seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika terlihat minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau tekstur kelenturan dan daya lumasnya sudah berkurang, maka sebaiknya cepat diganti. Jika Mengganti oli secara berkala maka gunakanlah selalu Oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Periksa Kondisi Aki

Untuk yang menggunakan jenis Accu basah jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum karena sel-sel accu akan cepat rusak. Segera tambah air aki jika terlihat sudah berkurang.

Jangan membiarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, bersegeralah  untuk menggantinya, bukanlah hal yang baik jika anda tetap memaksa untuk menggunakannya. Karena jika dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan menyebabkan korosi (munculnya serbuk putih) yang akan menjalar ke semua bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke sel-sel accu, dinamo, saluran lampu, atau bagian-bagian lainnya.

Jika memang motor anda mengalami kejadian ini, maka arus listrik yang dihantarkan accu atau baterai menjadi tidak sempurna, dan ini akan menjadi penyebab kerusakan pada kontak mesin, switch lampu atau komponen dinamo. Ada satu hal yang perlu diperhatikan apabila accu sudah lemah atau sudah tidak mampu di starter lagi, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya karena hal ini bisa membuat gigi transmisi menjadi rusak.

Selalu cek Rantai dan Gear

Jangan membiarkan rantai terlalu kencang atau terlalu kendor. Karena jika terlalu kencang dapat menyebabkan putus rantai, Jika terlalu kendor bisa menyebabkan rantai copot dari girnya. Periksa juga kondisi gir, apabila sudah terlihat tajam segera ganti dengan yang baru karena ini bisa menyebabkan rantai tiba-tiba putus. Bayangkan Bahayanya bila kita sedang ngebut tiba-tiba putus rantai.

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik menuju busi. segera ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan sudah terdapat pengerasan pada kabel dan terlihat banyak keretakan. Dan yang tidak kalah penting Jangan lupa lihat kondisi busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

komponen yang juga layak diperhatikan adalah selang bensin ke karburator. cek kondisinya jangan membiarkan kondisi selang bensin terjadi retakan-retakan atau mengeras, karena bagian dalam selang yang sudah tidak elastis bisa mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. sehingga akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit

Sebelum motor dijalankan ada baiknya mesin dipanaskan, tidak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar bagian dalam mesin yang bergerak agar oli bisa melumasi keseluruhan bagiannya. dalam memanaskan mesin sebaiknya tidak usah terlalu lama, karena jika terlalu memanaskan akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pastinya juga tidak mau buang-buang bensin khan?.

Cek tekanan angin ban

Jangan kurang juga jangan terlalu keras, karena jika kurang atau terlalu keras bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart yang asli

Kadang kita lebih memilih sparepart kw yang murah dalam mengganti suku cadang yang rusak, padahal Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, murah tapi daya tahan kurang, dan cepat rusak kembali.

Cek Baut Bodi Secara Berkala

Kita mungkin sering tidak menyadari kalau baut bodi ternyata gampang kendor. Untuk memastikannya, cobalah dicek secara berkala, bisa juga dilakukan setiap selesai cuci motor misalnya.

Ow iya…yang perlu diingat dalam mengencangkan baut adalah jangan terlalu kenceng pada saat mengencangkan’nya, karena nanti dudukan bautnya bisa retak, cepat aus, sehingga nanti akan sulit kembali untuk dilepas ataupun dipasang kembali.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga motor anda tetap dalam kondisi baik dan prima, tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan anda senatiasa tampil prima, tahan lebih lama. Semoga Bermanfaat..

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
Visit Us On FacebookVisit Us On Youtube